Rechercher dans ce blog

Tuesday, July 31, 2018

Diduga Tambang Cryptocurrency, Game Ini Diblokir Steam

Jakarta: Kemarin, Valve menghapus sebuah game indie dari Steam, karena game itu diduga memanfaatkan komputer pemain untuk menambang cryptocurrency.

Game yang disebut Abstractism diduga mengambil alih kendali atas komputer pemain dan menggunakannya untuk menambang cryptocurrency.

Metode ini disebut cryptojacking. Kegiatan ini memaksa komputer bekerja keras dan bisa membuat performa komputer melambat atau mengalami panas berlebih.

Menambang cryptomining memang bisa menguntungkan karena penambang akan mendapatkan mata uang digital. Namun, para penipu bisa mendapatkan mata uang digital dengan memanfaatkan komputer para korbannya.

Selain itu, developer game ini juga diduga membuat item digital palsu untuk dengan tujuan menipu para pemain, seperti yang disebutkan oleh Motherboard.

Developer Okalo Union dan publisher dead.team merilis Abstracticism di Steam pada 15 Maret. Game ini adalah sebuah platformer sederhana. Para pemain harus menggerakkan balok-balok yang ada dengan lagu yang menenangkan sebagai latar belakang musik.

Namun, ada beberapa hal mencurigakan pada game. Misalnya, developer mendorong para pemain untuk membiarkan game tetap berjalan meski mereka tidak sedang bermain.

Pada hari Minggu, YouTuber SidAlpha menjelaskan tentang skema penipuan yang dilakukan via Abstracticism. Dia tahu tentang game ini ketika seorang penggemar menghubungi, bercerita bahwa dia hampir membeli sebuah rocket launcher emas untuk game Team Fortress 2 seharga USD100 (Rp1,4 juta) melalui pihak ketiga.

Ternyata, item itu untuk Abstractism, meski item tersebut memiliki tampilan dan penjelasan yang sama dengan rocket launcher pada Team Fortress 2.

SidAlpha dan netizen lain yang tertarik dengan ini kemudian mencari tahu tentang kasus Abstractism. Mereka menemukan bahwa game indie tersebut memaksa komputer bekerja keras, memicu notifikasi Windows Defender dan juga software anti-virus. Semua ini diduga disebabkan karena malware yang tertanam pada game.

Melalui sebuah update, dead.team membantah bahwa mereka menggunakan Abstractism untuk menambang cryptocurrency. Itu tidak menghentikan Valve memblokir game yang mereka rilis. Pada hari Senin, 30 Juli 2018, Valve resmi memblokir Abstractism.

(MMI)

Let's block ads! (Why?)

http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/5b2VPy4b-diduga-tambang-cryptocurrency-game-ini-diblokir-steam

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Comcast reluctantly agrees to stop its misleading “10G Network” claims - Ars Technica

Enlarge Comcast Comcast has reluctantly agreed to discontinue its "Xfinity 10G Network" brand name after losing an appeal of...

Postingan Populer