Rechercher dans ce blog

Sunday, July 29, 2018

Menaker Dorong Wirausahawan Muda Kreatif dan Inovatif

Yogyakarta: Pemerintah Indonesia terus mendorong agar sektor wirausaha berkembang, khususnya di kalangan anak muda. Ada dua kunci utama untuk menjadi wirausaha, yaitu kreatif dan inovatif.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengatakan, saat ini kreativitas dan inovasi generasi muda adalah kunci bagi mereka untuk memulai wirausaha. Karena dengan keduanya, wirausahawan akan tetap bertahan dalam berbagai perubahan iklim bisnis dan industri.

"Usia muda tidak berpengalaman itu hal wajar, usia tua berpengalaman itu juga merupakan hal yang wajar, tapi pemuda yang memiliki kreativitas tingi akan menjadi sesuatu yang luar biasa," kata Menteri Hanif, di hadapan ratusan civitas akademika UGM dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 28 Juli 2018.

Ia mencontohkan, banyak perusahaan besar yang gagal bertahan di tengah perubahan zaman akibat kegagalan mereka dalam melakukan inovasi. Kekurangan inovasi membuat sulit bersaing. 

"Oleh karenanya, kalau mau berwirasusaha harus percaya pada kerja keras yang kreatif dan inovatif," kata Hanif.

Selain itu, untuk memulai menjadi wirausahawan, tidak boleh hanya dilandasi dengan motivasi profit oriented saja. Lebih dari itu, motivasi bisnis anak muda harus wirausaha sosial.

Dengan begitu, anak muda tidak hanya menjadi wirausahawan yang mengejar keuntungan bisnis semata, tapi juga bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan masyarakat.

"Jadi kita menempatkan diri sebagai agen perubahan. Kalau niat kaya saja salah, tapi kalau niat bantu orang itu baru benar," tutur Menaker.

Pada kesempatan tersebut Menaker juga memberikan contoh salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam mendorong wirausahawan muda, yakni diresmikannya Innovation Room di Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Pembangunan Innovation Room didasari bahwa perkembangan teknologi dan informasi telah memberi pengaruh besar terhadap perubahan model bisnis dan keterampilan yang dibutuhkan.

Oleh karenanya, Innovation Room ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membekali generasi muda tentang literasi digital, khususnya digital skill.

"Kunci menjalankan wirausaha adalah kreativitas dan inovasi. Namun, wirausaha kita harus ditopang juga dengan IT," ucapnya.

(ROS)


Let's block ads! (Why?)

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/Wb7JPyMN-menaker-dorong-wirausahawan-muda-kreatif-dan-inovatif

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Comcast reluctantly agrees to stop its misleading “10G Network” claims - Ars Technica

Enlarge Comcast Comcast has reluctantly agreed to discontinue its "Xfinity 10G Network" brand name after losing an appeal of...

Postingan Populer