Rechercher dans ce blog

Friday, June 29, 2018

Buaya Kali Grogol Masih Bebas Berkeliaran

Jakarta: Petugas gabungan masih belum berhasil mengevakuasi buaya yang berkeliaran di Kali Grogol, Jakarta Barat. Hari ini adalah hari ketiga pencarian. 

"Petugas masih standby di sana, masih melakukan upaya penangkapan," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta Ahmad Munawir kepada Medcom.id, Jumat, 29 Juni 2018.

Menurut dia, petugas kesulitan karena buaya yang enggan muncul merespons jebakan yang dipasang. Itu akibat kondisi Kali Grogol, yang menjadi perbatasan Kelurahan Jelambar dan Kelurahan Grogol, terlalu ramai masyarakat.

"Jadi, buaya itu baru bisa dievakuasi saat dia tenang. Nah, kalau setiap muncul diteriaki atau dilempar, enggak bisa kita lakukan itu," ujar Munawir.

Pagi tadi, kata dia, kondisi relatif sehingga buaya sebesar 2 meter sempat muncul ke permukaan. Namun, predator berdarah dingin itu tidak muncul lagi setelah kondisi lokasi kembali ramai.

"Hari ini cuman pagi tadi dia muncul. Habis itu ndak pernah lagi sampai sekarang. Pagi muncul tadi sekitar jam 7," jelas dia. 


Warga memadati lokasi buaya muncul di Kali Grogol, Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.

Munawir menyadari proses pencarian berjalan lambat. Dia pun mohon pengertian dan bantuan dari semua pihak. Munawir mengimbau agar masyarakat mau bekerja sama dengan petugas.

"Di lokasi itu kalau emang tidak punya kepentingan enggak usah terlalu ramai di daerah situ. Kemudian, kalau buayanya muncul ya jangan ditimpuk biarkan petugas  bekerja secara maksimal," ujar Munawir.

Baca: Pihak yang Teledor Melepas Buaya bisa Kena Sanksi

Petugas gabungan dari BKSDA, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dan lembaga swadaya masyarakat Animal Aid Network masih bersiaga di lokasi. Rencananya, pencarian akan dilakukan hingga dua minggu ke depan, tetapi akan berubah sesuai intensitas kemunculan buaya.

"Ya kita tidak akan berhenti sebelum tertangkap, tapi kalau misalnya sudah enggak muncul berarti mungkin pindah tempat atau di mana," ujar dia.

(OGI)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/VNnRZzvN-buaya-kali-grogol-masih-bebas-berkeliaran

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Comcast reluctantly agrees to stop its misleading “10G Network” claims - Ars Technica

Enlarge Comcast Comcast has reluctantly agreed to discontinue its "Xfinity 10G Network" brand name after losing an appeal of...

Postingan Populer