Rechercher dans ce blog

Wednesday, August 29, 2018

Rp250 Miliar Dicairkan untuk Perbaikan Rumah di Lombok

Warga korban gempa membangun rangka rumah hunian sementara mereka di Dusun Kekait, Desa Kekait, Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Rabu, 29 Agusutus 2018. Antara/Ahmad Subaidi

Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyalurkan bantuan Rp250 miliar untuk perbaikan rumah rusak akibat gempa Lombok dan sekitarnya. Setidaknya sudah ada sekitar 32 ribu rumah rusak akibat gempa Lombok yang terverifikasi.

"Upaya mempercepat perbaikan rumah terus dilakukan. BNPB sudah mengajukan tambahan anggaran ke Kementerian Keuangan untuk bantuan perbaikan rumah," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan tertulis di Jakarta, Rabu, 29 Agustus 2019.

Baca: BNPB: 32.129 Rumah Rusak Akibat Gempa Lombok Terverifikasi

Sutopo mengatakan beberapa tempat terdampak gempa telah dibangun 20 unit rumah contoh dengan teknologi tahan gempa Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Untuk membantu percepatan pemulihan rehabilitasi dan rekonstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mengerahkan 400 insinyur.

"Saat ini masih dilakukan rekrutmen 135 orang tenaga fasilitator pendamping. Perbaikan perumahan dan permukiman akan dikerjakan masyarakat dengan menggunakan pola Rehabilitasi dan Rekonstruksi Permukiman Berbasis Komunitas atau Rekompak," jelas Sutopo.

Menurut Sutopo, pola tersebut telah berhasil diterapkan setelah beberapa bencana gempa. Misalnya gempa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 2006, setelah letusan Gunung Merapi 2010, setelah gempa Pidie Jaya 2016 dan lainnya.

Sementara itu, perbaikan darurat fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, puskesmas dan perkantoran juga dilakukan agar kegiatan masyarakat dapat segera berjalan kembali.

Sebagian masyarakat telah kembali melakukan kegiatan di pasar, ladang, kebun dan lahan pertaniannya. Warga tetap bekerja di siang hari meskipun tinggal di pengungsian atau tenda pada malam hari.

Baca: Pemerintah Terjunkan 400 Insinyur Muda ke Lombok

(SUR)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/0kp29pWN-rp250-miliar-dicairkan-untuk-perbaikan-rumah-di-lombok

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Comcast reluctantly agrees to stop its misleading “10G Network” claims - Ars Technica

Enlarge Comcast Comcast has reluctantly agreed to discontinue its "Xfinity 10G Network" brand name after losing an appeal of...

Postingan Populer