Rechercher dans ce blog

Friday, August 31, 2018

Ribuan Guru PNS di Brebes belum Dimutasi

Brebes: Sebanyak 11.397 guru pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Brebes, Jawa Tengah. Mereka mengajar di 897 SD dan 150 SMP di kabupaten tersebut. Namun kurang lebih 20 persen guru tak pernah dimutasi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes Wijanarto. Menurut Wijanarto, pemutasian guru SD dan SMP merupakan wewenang Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kab. Brebes dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah. Namun prosesnya tidak mudah.

Baca: Guru di Sekolah Tidak Boleh 100% PNS

"Idealnya, setiap guru dimutasi setiap 8 tahun sekali," kata Wijanarto di Brebes, Kamis, 30 Agustus 2018.

Wijanarto menjelaskan mekanisme pemutasian guru selama ini lebih inisiatif dari guru yang bersangkutan. Biasanya, mutasi guru menyesuaikan tempat kerja dan rumah guru. Itu mempertimbangkan efektivitas waktu dan kesejahteraan guru.

Sigit Wihato merupakan satu dari guru yang belum pernah dimutasi ke luar desa. Sigit mengaku ia sudah 15 tahun mengajar di SD Desa Kedungbokor Kecamatan Larangan.

Baca: Rotasi, Guru Juga Kena Sistem Zonasi

Setiap hari, ia menempuh perjalanan sejauh 12 kilometer dari rumah menuju sekolah. Ia mengendarai sepeda motor setiap berangkat kerja.

“Kalau mutasinya didekatkan di tempat tinggal, saya setuju. Misalnya, saya warga Ketanggungan saat ini mengajar di Kecamatan Larangan. Jadi kalau mau dirotasi ya saya senang kalau ditempatkan di sekolah di Ketanggungan,” ujarnya.

(RRN)

Let's block ads! (Why?)

http://jateng.metrotvnews.com/peristiwa/MkMnRQxK-ribuan-guru-pns-di-brebes-belum-dimutasi

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Comcast reluctantly agrees to stop its misleading “10G Network” claims - Ars Technica

Enlarge Comcast Comcast has reluctantly agreed to discontinue its "Xfinity 10G Network" brand name after losing an appeal of...

Postingan Populer